Cara Mengatasi Harddisk External Yang Tidak Terbaca Di Windows Explorer

Baru aja beli Harddisk External (Toshiba Canvio Basics 3.0 1TB) dan langsung aja gua pindahin data yang ada di komputer ke Harddisk External karna gua mau bagi partisi lagi tuh Harddisk komputer gua. Tapi tiba-tiba hal yang menyebalkan terjadi, dan hal menyebalkan itu adalah mati listrik. Setelah listrik nyala langsung aja gua nyalain lagi tuh komputer gua, tapi pas gua colokin Harddisk External gua ternyata tidak terbaca di windows explorer walaupun di device manager terdeteksi. Paniklah gua saat itu, dan langsung aja gua searching di google dan syukurlah gua nemu tuh postingan yang nerangin cara mengatasi masalah gua itu, dan langsung aja gua praktikan dan hasilnya Harddisk External gua kembali terbaca di windows explorer.

Buat kalian yang mengalami hal yang sama seperti gua langsung aja nih ikuti langkah-langkahnya:

Baca lebih lanjut

Cara Memaksa Komputer Agar Booting Dari USB Flashdisk

Banyak artikel yang membahas cara menginstall windows menggunakan usb flashdisk, mulai dari menginstall windows 7 ataupun windows 8 memakai usb flashdisk, dan banyak juga cara untuk membuat usb flashdisk agar bisa dipakai untuk menginstall windows menggantikan cd/dvd baik itu menggunakan program khusus ataupun cara sederhana yaitu hanya dengan memakai perintah dari command prompt.

Baca lebih lanjut

Cara Mudah Install Windows Dengan USB Flashdisk Tanpa Software

Mungkin banyak orang masih bingung untuk meng-Install Windows dari Flashdisk. Masalahnya beberapa cara Install Windows dari Flashdisk selalu melibatkan beberapa Software dan langkah yang cukup panjang sehingga terkadang membuat orang yang melihatnya langsung pesimis dan tidak jadi membuatnya.

Perbedaan KB/s dengan Kbps

Sebenarnya antara KBps dan Kbps adalah beda, memang dalam pengucapan banyak yang sama. Pada dasarnya KBps dan Kbps merupakan satuan yg sangat berbeda.

Pernah liat iklan promosi para ISP (Speedy, IM2, atau Telkomsel Flash) yg menawarkan speed inet mulai up to 128 Kbps – 7.2 Mbps??

Tapi kenapa pas download real gak prnah dapet segitu ya?? kenapa gtu ??

Yuk kita cari tau

Berikut penjelasan detailnya:
* KBps (Kilobyte per second)
* Kbps (Kilobit per second)
Konversi 1 byte = 8 bit

Untuk mengetahui speed download realnya, gampangkan, tinggal dibagi aja speed yg d kasih ISP dgn angka 8 (Delapan)

Berikut listnya:
128 Kbps: 128/8= 16 KBps
256 Kbps: 256/8= 32KBps
384 Kbps: 384/8= 48 KBps
512 Kbps: 512/8= 64 KBps
1 Mbps : 1024/8= 128 KBps

Hal ini sering menimbulkan pertanyaan “katanya 256 kbps kok dapatnya waktu download cuman 32 KBps ?
Kalau dijabarkan, jika 1 Byte = 8 bit artinya bila berlangganan 1 Mbps Dedicated dan dapatnya adalah 128 KBps x 8 = 1024 Kbps / 1 Mbps

Jika kecepatan 256 kbps maka yang didapat adalah 256/8= 32 KBps
Jika kecepatan 384 kbps maka yang didapat adalah 256/8= 48 KBps

Begitu juga sebaliknya untuk mengetahui berapa bandwidth yang didapat dari provider dengan melihat satuan yang didapat dari download misal :

Jika tertera 10kBps maka kecepatan yang di dapat dari provider adalah 10X8=80kbps
Jika tertera 20kBps maka kecepatan yang di dapat dari provider adalah 20X8=160kbps
Tetapi kecepatan tersebut tidak bisa menjadi patokan 100%, karena biasanya pada saat download kita juga melakukan browsing, chatting atau bahkan melakukan download file yang lainnya.

Misalnya kita punya handphone 3,5G yang konon bisa dengan kecepatan 3,2 Mbps (Mega bit per second) artinya sama dengan 3,2 Mbps dibagi 8 = 400 KBps ( Kilo bytes)

Sebagai contoh lain dengan acuan 1 Byte = 8 bit, maka :
256 kbps sama dengan 256/8 = 32 KBps
1 Mbps Dedicated sama dengan 128 KBps x 8 = 1024 Kbps / 1 Mbps

Cara Install ISO Windows 7/Vista/XP Dari Hard Disk

Intall Windows tidak selalu bisa kita lakukan dengan melalui cd/dvd room ataupun dengan usb flash disk. Hard Drive atau biasa kita sebut HardDisk juga bisa kita gunakan untuk installasi windows.

Berikut cara untuk install Windows melalui Hard Drive atau HardDisk:

  1. Kamu harus punya Windows yang tersimpan di Hard Drive tentunya dalam format file ISO
  2. Download dan install software yang namanya Virtual Clone Drive
  3. Selanjutnya kamu pergi ke direktori dimana kamu menyimpan file Windows kamu, dan klik kanan file tersebut>>open with>>mount files with virtual clone.
  4. Selanjutnya liat di my computer kemudian double klik pada file setup untuk install Windows
  5. Dan ikuti petunjuknya sampai installasi windows selesai.

Mempercepat Internet Dari Windows Dan Browser Mozilla Firefox

Ini adalah sedikit trik untuk meningkatkan kecepatan akses internet dengan cara mengoptimalkan setting yang ada di Windows dan browser Mozilla Firefox. OK, Langsung aja ya…, Caranya adalah :

Cara 1 : Tweak dari Windows:

Secara default, Windows sudah memakai 20% dari bandwith yang kita punya untuk menunjang penggunaan aplikasi dari windows itu sendiri. Padahal tidak semua aplikasi membutuhkan bandwith, oleh karena itu kita bisa ubah nilainya menjadi 0% untuk menambah kecepatan akses internet kita. cara melakukannya adalah :

Baca lebih lanjut

Cara Menghapus File Dari Recycle Bin Yang Tidak Bisa Dihapus

Mungkin kalian pernah mengalami hal ini, ketika ingin mengosongkan Recycle Bin selalu gagal dan keluar pesan yang mangatakan bahwa folder/file tidak bisa dihapus. Folder/file tersebut biasanya bernama Dc30, De60, De26 dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan menghapus folder recycler yang berada pada setiap drive. untuk menghapusnya kita harus menggunakan perintah dos, langsung aja.

  • Buka Command Prompt, Klik Start->Run lalu ketikkan CMD dan klik OK.
  • Lalu Ketikkan perintah dibawah ini:

cacls c:\recycler /t /e /g Administrators:f

rd /s /q c:\recycler

  • Ganti drive c: sesuai dengan drive yang ada di komputer kita, dan ulangi untuk drive yang lain jika kita memiliki lebih dari satu drive.

setelah semua selesai, lalu restart komputer dan mudah-mudahan Recycle Bin sudah kosong. Selamat Mencoba.

Cara Mencari atau Menemukan Data yang Hilang karena Harddisk Diformat

Kali ini Gw akan membagi tips tentang bagaimana menemukan kembali data-data atau file penting kita yang hilang karena harddisk diformat atau harddisk rusak. Ketika komputer Anda diinstall ulang dan semua data dalam komputer Anda hilang, sebenarnya masih ada kemungkinan untuk ditemukan kembali. Saya pernah mengalami harddisk yang rusak atau tiba-tiba hilang ketika saya mencoba untuk membuat partisi pada harddisk dengan menggunakan software. Semua data-data penting dan arsip hilang, panik dan tidak tahu harus berbuat apa. Namun ketika Anda mengalami hal yang sama, jangan khawatir, masih ada kemungkinan untuk menemukan kembali file yang hilang karena harddisk diformat atau terformat, walaupun terkadang tidak 100% kembali. Berikut akan saya tunjukkan bagaimana menemukan kembali file yang hilang, dalam tutorial ini saya menggunakan software MiniTool Power Data Recovery 6.5. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Baca lebih lanjut

Cara Mempercepat Google Chrome Agar Browsing Menjadi Ringan

Cara mempercepat google chrome agar browsing menjadi lebih ringan. Google chrome merupakan salah satubrowser yang paling banyak digunakan saat ini menyaingi seniornya yaitu mozilla firefox.
Meskipun masih terhitung baru, chrome sudah mendapat hati di masyarakat dikarenakan beberapa kelebihan yang dimilikinya. Menurut saya pribadi, google chrome lebih ringan digunakan baik dari sisi kecepatan akses dan tidak memakan banyak memori.
Pada kesempatan kali ini mari kita belajar bagaimana cara mempercepat google chrome. Meskipun sangat ringan, namun jika digunakan untuk membuka beberapa web besar sekaligus tentu saja google chrome akan terasa berat saat digunakan.

 Meskipun demikian kita bisa mensiasatinya dengan cara mempercepat google chrome hanya dengan merubah settingan yang ada di browser buatan google tersebut. Berikut ini cara mempercepat google chrome selengkapnya.

Pertama buka broser anda, lalu ketikkan “about:flags” tanpa tanda kutip, kemudian enter. Akan muncul beberapa opsi yang bisa anda atur.
Perhatikan pada opsi berikut

  • GPU Compositing on All Page
  • GPU Accelerated Canvas 2D

Klik enable pada masing-masing menu di atas.

Setelah langkah-langkah di atas anda laksanakan, silahkan restart google chrome anda. Rasakan perbedaanyaan, perbedaan akan terlihat mencolok saat anda sedang membuka website berat yang berisi flash dan juga javascript.
Sebenarnya ada cara mempercepat google chrome yang lain yaitu dengan mematikan fitur gambar dan javascript pada google chrome anda. Akan tetapi cara mempercepat google chrome di atas saja sudah cukup.